Potensi Usaha di Desa Padangdangan

Sebagian besar mata pencaharian warga desa Padangdangan adalah sebagai petani dan nelayan, secara garis besar mata potensi usaha di desa padangdangan terdiri dari :


Petani Tembakau

Tembakau merupakan penghasilan terbesar untuk dusun Dabada dan dusun Bilamabuk, produk tembakau dijual dalam keadaan kering. Sedangkan untuk dusun Malaka dan Teppoh menghasilkan bibit Tembakau yang di jual kepada dusun sebelah atau luar desa.

Petani cabai

Selain tembakau, sebagian besar penduduk desa Padangdangan bertani cabai, cabai yang ditaman merupakan jenis cabai rawit. Harga cabai mengikuti harga pasar bahkan pernah mencapai 110 ribu per kilo.

Cabai Jamu

Cabai jamu atau dalam bahasa Madura cabai Solak  merupakan produk produk perdagangan yang banyak di budidaya di desa Padangdangan antara lain dusun Dabada,Teppoh, dan Duwak buter. Produk ini dijual dalam kondisi dikeringkan dan di jual kepada para penjual jamu.  
Pertambangan Batu Kapur

Meskipun potensi untuk tambang kapur tidaklah menjadi mayoritas potensi desa, namun tambang kapur menjadi mata pencaharian utama untuk dusun Dunggadung. Hasil dari tambang itu sendiri di jual keluar kota


Bidang Perikanan

Berdasarkan peta desa, sebagian wilayah desa Padangdangan terletak di pesisir pantai yaitu dusun Malaka dan  Teppoh. Jadi, sebagian penduduk desa Padangdangan bermata pencaharian sebagai nelayan dengan penghasilan unggulan yaitu Rajungan, Teri, Udang, Dorang dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar