Potensi Budaya di Desa Padangadangan


Di desa Padangdangan sendiri terdapat beberapa kesenian diantaranya sebagai berikut :
KARAWITAN ( SINDEN MADURA)

Kerawitan merupakan seni musik tradisional yang dimainkan dengan menggunakan gamelan. Seni musik ini biasanya dipentaskan dalam penggelaran manten. Karawitan yang ada di Madura berjenis Karawitan Sekar Gending yaitu jenis Karawitan yang tidak hanya menampilkan unsur vokal atau suara melainkan gabungan antara karawitan Vokal dengan karawitan Gending yaitu mengutamakan unsur instrumen atau alat musik



FATAYAT/ TIBAAN


Merupakan acara rutin seperti pengajian yang diselenggarakan ibu-ibu pkk dengan tambahan tibaan yaitu tradisi melantunkan shalawat kepada nabi Muhammad dalam praktiknya pelantunan shalawat menggunakan lagu dan diiringi musik rabbana.


SANDANG KILAT

Sebagian dari masyarakat desa Padangdangan menguasai seni beladiri  Pencak silat, Sandang Kilat merupakan salah satu bentuk perguruan yang dibentuk oleh warga desa Padangdangan acara sandang Kilat itu sendiri dijadikan kegiatan rutin setiap minggu dalam acaranya terdapat pembacaan tahlil dan dilanjutkan dengan menampilkan seni beladiri dari jawara silat setiap perguruan dengan diiringi musik tradisional .


SENI MACOPAT MADURA


Macopat merupakan seni sastra puisi tradisional Madura yang dibacakan dengan cara di tembangkan. Setiap bait Macopat mempunyai baris kalimat dengan jumlah suku kata tertentu yang berakhir pada bunyi sajak akhir. Pada umumnya Macopat biasa  diartikan ”maca papat-papat” yang dalam bahasa jawa berarti “ membaca empat-empat ”. kesenian ini biasanya dilakukan pada malam hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar